Senin, 30 September 2013

Jurnal ( Pemanfaatan Aplikasi Komputer dalam Pembelaaran Matematika)

Pemanfaatan Aplikasi Komputer dalam Pembelajaran Matematika


Pemanfaatan aplikasi komputer di era kemajuan teknologi saat ini sudah tidak asing lagi, dari segala bidang aplikasi yang diperlukan sangat mudah didapat, dalam  bidang pendidikan, bisnis, desain grafis dan lain-lain. Bahkan penggunaan komputer untuk pembelajaran dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sebelum  tahun 1980, di Amerika Serikat peningkatan penggunaan komputer untuk pembelajaran mencapai 20% (Davis, 1981:438). Ketika penggunaan komputer untuk pendidikan di Amerika Serikat meningkat dengan pesat sekitar tahun 1982-1983, di Indonesia komputer mulai digunakan dalam bidang pendidikan meskipun belum begitu luas  (Bagio, 1991:61).

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan bahwa hasil pembelajaran dengan penggunaan komputer lebih baik daripada penggunaan media atau metode konvensional lainnya. Dari berbagai penelitian, didapatkan bahwa dengan komputer hasil belajar lebih baik, pembelajaran lebih efektif, lebih menghemat waktu, daya ingat siswa lebih lama dan dapat membentuk prilaku yang positif (Lockard dkk, 1990:194). Meskipun ada hasil penelitian yang menyatakan bahwa  tidak ada perbedaan antara pembelajaran dengan komputer dan tanpa komputer, hal ini mungkin disebabkan karena  program komputer yang  digunakan didesain kurang sempurna  (Alessi & Trollip, 1991:5).

Dalam pembelajaran matematika Banyak masalah yang sukar dan hampir tidak bisa dilakukan oleh manusia dapat dengan mudah dilakukan oleh komputer, misalnya untuk menggambar grafik fungsi dalam ruang dimensi tiga. Dalam hal menghitung, kecepatan dan ketepatan komputer sukar dicari tandingannya. Selain itu, sesuai pernyataan Decker Walker (dalam Sewell, 1990:3), komputer dapat membuat suatu objek di layar tampak “hidup”. Hal ini karena kemampuan komputer untuk  membuat animasi dan visualisasi dari suatu objek. Kelebihan yang dimiliki oleh komputer  ini, sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Dengan dukungan software-software grafis sangat melimpah dan dapat dimanfaatkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematik peserta didik agar hasil dari peserta didik yang tadinya kurang memuaskan,bisa lebih baik dan memuaskan lagi dengan adanya software seperti ini. Dalam hal ini software yang kita gunakan adalah software mathematica.

Software ini dapat digunakan antara lain untuk melakukan komputasi matematika,baik untuk perhitungan numerik maupun simbolik; visualisasi grafik fungsi dimensi-dua dan dimensi-tiga; pemprograman, pemodelan matematika dan simulasi; dan analisis statistik dan visualisasi data dalam bentuk tabel dan  grafik.
Mathematica merupakan software aplikasi buatan Wolfram Research yang handal dengan fasilitas terintegrasi lengkap untuk menyelesaikan beragam masalah matematika. Komputasi matematika pada dasarnya dapat diklasifikasikan dalam tiga kelas utama, yaitu komputasi numerik, komputasi simbolik dan visualisasi grafik. Mathematica menyediakan fasilitas lengkap untuk melaksanakan semua komputasi matematika tersebut dalam suatu lingkungan kerja yang terintegrasi. Dalam lingkungan kerja yang demikian maka kita dapat melaksanakan beragam perhitungan matematika, seperti perhitungan aritmatika, perhitungan aljabar, perhitungan dan operasi simbolik dalam aljabar matriks, aljabar linear, linear programing, metode numerik, teori bilangan, matematika diskrit, kalkulus, transformasi laplace, transformasi fourier, transformasi-z, statistika, geometri, pemodelan matematika dan simulasi,dan lain-lain.

Sehingga aplikasi komputer telah memainkan peranan penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan berbagai studi tentang penggunaan komputer dalam pembelajaran matematika  ditemukan bahwa hasil belajar siswa yang belajar matematika dengan komputer lebih baik daripada yang tidak menggunakan komputer (Lockard dkk, 1990). Siswa yang menggunakan pembelajara dengan aplikasi komputer mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari siswa yang tanpa pembelajaran koputer. Selain itu manfaat lain dari penggunaan aplikasi komputer dalam pembelajaran yaitu  meningkatkan konsep diri akademis matematika dan motivasi siswa dan meningkatkan ketuntasan belajar, ketuntasan materi dan daya serap siswa semakin tinggi.
Berikut macam-macam aplikasi komputer dalam pembelajaran matematika :
1.    1.  Ms.Math & Math Type 6.7
2. 2.  Cabri II Plus
3. 3.Wingeom
4. 4. CarMetal
5. 5. SketchPad 4.07
6.6.  Graph 4.3
7.7.  Graphmatica
8.8.  Math GV 4.1 
9.9.Algebrator 
10. Precalculus Solved
11. Geometry Solved
12. Algebrus
13. SPSS 16.0
Akan dijelaskan di artikel selanjutnya…




1 komentar: