Carmetal adalah CaRMetal adalah program geometri interaktif yang mewarisi
mesin CaR . Perangkat lunak ini dibuat oleh Eric. Konstruksi yang dilakukan
dengan menggunakan palet utama , yang berisi beberapa shortcut konstruksi
berguna di samping kompas dan penggaris alat standar . ini termasuk garis-berat
, lingkaran melalui tiga titik , circumcircular busur melalui tiga titik , dan
irisan kerucut melalui lima poin . Juga menarik adalah lokus , fungsi , kurva
parametrik , plot implisit ketebalan . Element , warna , label , dan atribut
lainnya ( termasuk yang disebut properti magnetik ) dapat diatur dengan
menggunakan panel yang terpisah . CaRMetal memiliki beberapa locales termasuk
Perancis , Inggris, Spanyol , Jerman, Italia , Belanda , Portugis dan Arab .
A. Langkah
– Langkah
- Membuat Persegi dengan konteks Lingkaran
1. Buka software CarMetal, akan muncul gambar seperti di bawah ini3. Langkah berikutnya, buatlah lingkaran denga nmengklik Circle ( c ). Dengan jari-jari sepanjang garis AB dengan Pusat di titik A. Seperti dibawah ini :
4. Kemudian, klik perpendicular Line .Dengan klik garis AB lalu klik titik A. Lihat gambar :5. Klik intersection pada perpotongan garis A dengan lingkaran .kemudian berititik C seperti :6. Langkah berikutnya, buatlah lingkaran dengan panjang jari-jari AB dan pusatnya pada titik B. seperti pada gambar dibawah ini :7. Dan buatlah lingkaran dengan panjang jari-jari AC dengan pusat titik C. dengan menggunakan circle ( c ).8. Kemudian sembunyikan lingkaran-lingkaran dengan mengklik hide , dan hanya tersisa titik-titik ABCD. Seperti pada gambar dibawahini :9. Selanjutnya, klik segment (s) padagaris AB, BC, CD, CA .seperti pada gambar dibawahini :10. Membuat sudut pada persegi. Dengan mengklik angle ,kemudian kita klik titik searah dengan jarum jam. Misal :klik titik ACD, CDB , DBA, BAC. Sepert pada gambar di bawah ini :- Membuat Segitiga
1. Klik-lah program CarMetal yang telah di instal, dan akan muncul layar seperti dibawah ini :
3. Berilah nama titik – titik tersebut, klik “Multiline text (b)”, dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini:
4. Mengetahui sudut dalam segitiga, klik “Angle (a)”, jika ingin mencari sudut A maka klik titik C-A-B dan sudut B maka klik titik A-B-C lalu sudut C maka klik titik B-C-A, kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini :
Sekaligus membuktikan bahwa ketiga sudut tersebut berjumlah 180 derajat.5. Menghitung luas segitiga ABC, klik “Polygon (0)”, klik pada titik A – B – C – A maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :
6. Lalu klik “Edit objects (e)” kemudian klik pada bagian dalam jajargenjang dan akan muncul kolom editnya, dan klik‘Aspect’ ,maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar